Berikan
contoh nyata dari 5 domain proses utama yang terdapat pada Information
Technology Infrastucture Library( ITIL)
Information Technology Infrastucture Library (ITIL)
adalah suatu rangkaian konsep dan
teknik pengelolaan infrastucture, pengembangan, serta operasi teknologi
informasi. ITIL sebenarnya adalah sebuah buku yang membahas mengenai
pengelolaan IT. ITIL memberikan detail mengenai beberapa praktek, seperti
daftar cek, tugas serta prosedur yang menyeluruh.
1.Service
Strategy
–
mengisyaratkan bahwa setiap organisasi semacam perusahaan harus memiliki sebuah
StrategiPelayanan yang menjadi panduan bagi setiap aktivitas “services” yang
terjadi dalam perimeter organisasi. Secara prinsip,strategi ini berisi
bagaimana cara dan mekanisme yang dianut serta perlu dilakukan oleh seluruh
pemangku kepentinganorganisasi di dalam usahanya untuk memberikan layanan yang
baik.
contoh
: di aktivitas Financial Management, jumlah orang dan dana adalah yang
merekatkan keseluruhan infrastruktur ICT dan organisasi.
2.Service
Design
–
memperlihatkan bagaimana organisasi merancang ekosistem (infrastruktur dan
superstruktur) teknologiinformasi untuk memenuhi atau melayani para pemangku
kepentingannya. Melalui desain ini, diharapkan tercipta suatulingkungan
kondusif bagi divisi teknologi informasi dalam memberikan layanan prima ke
segenap individu, kelompok,dan unit/divisi pengguna pada organisasi.
contoh
: The design of appropriate and innovative IT
services, including their architectures, processes,
policies and documentation, to meet current and
future agreed business requirements.
services, including their architectures, processes,
policies and documentation, to meet current and
future agreed business requirements.
3.Service
Transition
–
menggambarkan bagaimana organisasi bertransformasi atau menjalankan perubahan
menujurancangan lingkungan pelayanan yang diinginkan. Tahapan transisi ini
harus dikawal dengan sebaik-baiknya agar efektifdan tidak terjadi chaos.
contoh
: client saat ini menggunakan Microsoft Windows XP. Kemudian ada proyek
yang akan mengganti XP ke Windows 7 pada seluruh komputer. Service Transition
berfungsi untuk memastikan bahwa proyek ini dilakukan secara sistematis, untuk
mencegah gangguan yang terjadi di sisi client.
4.Service
Operation
–
mendeskripsikan secara detail dan jelas mengenai inti dari rangkaian proses
manajemen, yaitupengelolaan pelayanan itu sendiri pada tahap operasionalnya. Di
sinilah para pelanggan internal maupun eksternal (pemangku kepentingan)
akan mendapatkan langsung manfaat dari keberadaan teknologi informasi dan
komunikasi.
contoh
:incident management. dalam sebuah perusahaan insiden sangat harus dihindari
karena dapat menimbulkan kerugian yang tidak diinginkan. Incident
management ini bertujuan untuk menormalisasi service operasi secepat-cepatnya
dalam rangka memimalisasi efek bagi bisnis.
5.Continual
Service Improvement
–
mengingatkan perlunya dilakukan perbaikan berkesinambungan terus menerus darimasa
ke masa. Hal ini tidak saja berarti bahwa organisasi yang bersangkutan senantiasa
belajar dan selalu berkembangdari masa ke masa, namun mengandung makna bahwa
organisasi selalu siap menghadapi berbagai perubahan karena dinamika
global.
contoh
: CSI mengkombinasikan berbagai prinsip dan metode dari manajemen
kualitas, salah satunya adalah Plan-Do-Check-Act (PDCA) atau yang dikenal
sebagi Deming Quality Cycle.
Continual
Service Improvement memastikan bahwa organisasi harus berkembang dan secara
berkala review untuk meningkatkan layanan kepada para pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar